Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami Dan Mudah

Kesehatan sistem pencernaan tidak boleh dianggap sepele, sebab apabila pencernaan ini terganggu maka dapat mengakibatkan bermacam masalah kesehatan pada tubuh kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa jika kita memakan makanan maka makanan itu akan dicerna oleh lambung dan usus. Lambung dan usus ini berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan yang telah kita konsumsi dan kemudian sisa olahanya akan dikeluarkan dari tubuh kita dalam bentuk feses.

Kesehatan Sistem Pencernaan

Begitu besar peranan serta fungsi lambung dan usus  ini bagi sistem pencernaan kita. Maka dari itu jika ingin sistem pencernaan kita sehat dan lancar maka jagalah kesehatan lambung dan usus kita.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami Dan Mudah

1. Perbanyak Mengonsumsi Makanan Berserat
Kunci pertama agar sistem pencernaan tetap sehat dan lancar dengan cara  memperbanyak  memakan-makanan berserat. Makanan berserat ini dapat membantu dan memudahkan kerja usus untuk mengeluarkan sisa sisa olahan sari makanan dalam bentuk feses sehingga BAB Anda  menjadi lancar dan tidak keras. Makanan berserat ini bisa anda dapatkan dari buah alpukat,kacang merah, buncis kiwi dan masih banyak lagi.

2. Konsumsi Air Putih Cukup
Kemudian tips selanjutnya slalu menjaga cairan di dalam tubuh, maka oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih cukup setiap hari minimal 8 gelas dalam satu hari  kekurangan air putih bukan hanya membuat tubuh menjadi dehidrasi bahkan juga membuat sistem pencernaan menjadi kacau dan menyebabkan sembelit.

3. Makan Secara Teratur
Untuk menjaga sistem pencemaran agar tetap sehat maka     Anda harus makan tepat waktu dan sangan sampai telat. Telat makan atau makan tidak teratur dapat berdampak buruk bagi pencernaan dan dapat melukai lambung bahkan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan seseorang dapat terkena penyakit mah kronis.

4. Kunyah Makanan Sedikit Lama
Membiasakan mengunyah makanan sedikit lama hingga sampai sedikit halus, hal ini bertujuan agar dinding lambung tidak terluka dan proses penyerapan makanan lebih lemburt dan terhindar dari peningkatan asam lambung karena sebelumnya sudah di netralkan oleh air liur.

5. Tinggalkan Kebiasaan buruk
Tinggalkan kebiaaan buruk yang dapat menggagu pencernaan kita . Misalnya berhenti memkanan makanan cepat saji, makanan pedas, terlalu banyak meminum minuman soda,minuman berkafein,dan juga minuman berakohol. Lebih baik mengonsumsi air putih,buah dan sayuran.

6. Kendalikan stress
Kendalikan stress Anda dan hindari hal-hal yang bisa menyebabkan Anda stress

7. Olahraga
Olahraga merupakan cara paling mudah dan menyenangkan untuk menyehatkan sistem pencernaan. Anda hanya perlu jogging atau olahraga lainya selama 30 menit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s